Info tambahan:
Ingin mengetahui kambing peliharaan anda jenis apa???????
Jenis-jenis kambing :

1. Kambing kacang (namanya mirip makanan aja yach hehe,,,,,,)
Kambing yang satu ini adalah jenis ras unggul kambing yang pertama kali dikembangkan di Indonesia. Kambing ini bertubuh mungil. Tinggi gumba pada yang jantan 60 – 65 cm, sedangkan yang betina 56 cm. berat yang berjenis kelamin jantan bisa mencapai 25 kilogram, sedangkan yang betina 20 kilogram. Telinganya tegak, bulunya lurus dan pendek. Baik betina ataupun jantan punya dua tanduk yang pendek dan keduanya merupakan tipe kambing pedaging. Kambing ini adalah kambing local Indonesia (kambing yang 100% asli Indonesia loh,,), kambing ini juga mudah dipelihara karena kambing jenis ini memiliki cepat adaptasi terhadap kondisi alam serta reproduksi cepAT.
2. Kambing Etawa (kambing yang menjadi incaran para pencinta hewan ternak)
Kambing Etawa ini didatangkan dari India, disana disebut kambing Jamnapari. Tubuh kambing etawa, besar, tinggi gumba yang jantan 90 – 12 cm dan yang betina 92 cm. Berat yang jantan mencapai 91 kg (wah, hamper 1 ton), sedangkan betina mencapai 63 kg (perbandingan ama kambing kacang jauh ya,,,,). Telinganya panjang dan terkulai ke bawah. Dahi dan hidungnya cembung (unikkan???). Baik jantan ataupun betina bertanduk pendek. Kambing jenis ini dapat menghasilkan susu hingga tiga liter tiap harinya. Keturunan silangan kambing Etawa dengan kambing lokal dikenal sebagai sebagai kambing “Peranakan Etawa” atau “PE”(kambing blesteran, hehe..) . Kambing PE berukuran hampir sama dengan Etawa namun lebih mudah adaptasi terhadap lingkungan lokal Indonesia.
3. Kambing Jawarandu
Kambing Jawarandu merupakan kambing hasil persilangan antara kambing Etawa dengan kambing Kacang,kambing ini juga blesteran. Kambing ini memliki ciri separuh mirip kambing Etawa dan separuh lagi mirip kambing Kacang, meskipun gitu kambing ini punya ciri fisik yang lebih mirip sama kambing kacang. Kambing ini dapat menghasilkan susu sebanyak 1,5 liter tiap harinya. Baik jantan ataupun betina merupakan tipe pedaging.
4. Kambing Saanen
kambing Saenen berasal dari Saenen, Swiss (jauh bangets kan,,). Kambing Saneen jantan ataupun betina tidak punya tanduk. Warna bulunya putih atau krem pucat. Hidung, telinga dan tubuh kambingnya berwarna belang hitam. Dahinya lebar, tapi telinganya berukuran sedang dan tegak. Kambing ini adalah jenis kambing penghasil susu.Berasal dari lembah Saanen Swiss bagian barat. Di Swiss, kambing ini paling banyak spesiesnya. Kambing yang datangnya dari Swiss ini susah berkembang di wilayah tropis karena sangat peka sama matahari.
Dari beberapa jenis kambing di atas mana jenis peliharaan kambing yang anda miliki,,,,,,,,

0 komentar:

Posting Komentar



About this blog

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.